Senin, 28 September 2015

pelangi larutan






  1.  Sediakan gula pasir, air, dan pewarna makanan
  2. Timbang gula pasir sebanyak 9 gr, larutkan dalam air sebanyak 20 ml. Aduk hingga gula larut, tambahkan sedikit pewarna makanan (larutan A)
  3. Timbang gula pasir sebanyak 6 gr, larutkan dalam air sebanyak 20 ml. Aduk hingga gula larut, tambahkan sedikit pewarna makanan (larutan B)
  4. Timbang gula pasir sebanyak 3 gr, larutkan dalam air sebanyak 20 ml. Aduk hingga gula larut, tambahkan sedikit pewarna makanan (larutan C)
  5. Siapkan air sebanyak 20 ml, tambahkan sedikit pewarna makanan (larutan D)
  6. Tuangkan larutan yang memiliki gula paling banyak pada botol (larutan A). Kemudian, tambahkan larutan B sedikit demi sedikit (jangan sampai tercampur). Setelah itu tambahkan larutan C, D, dan E. Perhatikan, urutan memasukkan larutan harus dari yang paling pekat (paling banyak gula) hingga ke kurang pekat (gula lebih sedikit).
  7. Jika berhasil, akan terbentuk larutan pelangi seperti pada gambar. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Jawabannya adalah berat jenis bahan. Ingin keterangan lebih lanjut ? coba kalian cari di internet atau tanyakan pada bapak/ibu guru kalian.
  8. Mudah bukan ? kalian bisa mencobanya dirumah, apalagi karena bahan yang digunakan mudah didapat dan bukan bahan beracun/berbahaya. Hanya, sebaiknya gunakan pewarna makanan, jangan tinta atau pewarna lain, karena pewarna makanan aman digunakan dan tidak beracun. 






  1.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar